soal pg tentang marketing


Latihan Soal Pilihan Ganda Manajemen Operasi Lengkap Jawaban 
1.      Konsumen mempunyai preferensi yang sama, baik kualitas maupun harga adalah ciri              preferensi .....
a. Homogen
b. Menyebar
c. Mengelompok
d. Homogenitas pasar
2.      Aktivitas mental dan fisik seseorang yang secara nyata menggunakan barang dan jasa yang dibeli adalah definisi ....
a. Perilaku pembelian pelanggan
b. Perilaku sosial pembeli
c. Perilaku konsumen
d. Perilaku pasar
3.      Suatu kelompok dimana seorang pemegang kartu kredit tertentu (gold, platinum) bercita-cita ingin menjadi milik/bagian kelompok pemegang kartu kredit tersebut dinamakan kelompok ....
a. Disasosiatif
b. Aspirasi
c. Keanggotaan
d. Asosiasi
4.      Konsep inti pemasaran menurut Bagozi adalah ....
a. Kebutuhan
b. Pertukaran nilai
c. Pasar
d. Individu
5.      Manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan mendapatkan, mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan melalui penciptaan, penyampaian, dan pengkomunikasian nilai pelanggan superior. Yang dimaksud dengan nilai pelanggan superior adalah...
a. Pengorbanan dikurangi dengan manfaat.
b. Jawaban Anda salah, seharusnya manfaat dikurangi dengan pengorbanan
c. Manfaat kotor sebelum dikurangi pengorbanan pelanggan yang diwujudkan dalam pembayaran
d. Manfaat bersih suatu produk (setelah dikurangi dengan pengorbanan pelanggan), yang lebih baik dibanding pesaing
6.      Peran pemasaran dalam perusahaan pada jenjang operasional atau fungsional adalah ....
a. Memutuskan kapan dan bagaimana cara melakukan kemitraan
b. Menentukan bagaimana melakukan persaingan
c. Didasarkan pada bauran pemasaran 
d. Mengkampanyekan orientasi pelanggan
7.      Dalam pelakasanaan konsep pemasaran sebagai filosofi bisnis, pemasar melakukan koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran untuk tercapainya ....
a. Kepuasan pelanggan
b. Keuntungan jangka pendek perusahaan
c. Kepuasan personil produksi dan pemasaran
d. Harga lebih murah dibanding pesaing
8.      Tanggung jawab manajer pemasaran suatu perusahaan dalam upaya membangun keterhubungan dengan pelanggan antara lain.. ..
a. Penciptaan nilai pelanggan inferior
b. Penolakan aktivitas retensi pelanggan
c. Penciptaan laba jangka pendek perusahaan
d. Fokus pada upaya penciptaan kepuasan pelanggan
9.      Pemasaran yang dilakukan di dalam organisasi, khususnya oleh pimpinan kepada karyawan merupakan lingkup aktivitas konsep pemasaran holistik pada komponen ....
a. Pemasaran internal
b. Pemasaran tanggungjawab sosial
c. Pemasaran terintegrasi
d. Pemasaran keterhubungan
10.  Tugas pemasar tidaklah mudah. Pemasar perlu memperhatikan lingkungan makro ekstern, salah satunya perlu mengetahui bagaimana cara hidup, keyakinan dan kesenangan calon konsumen sebagai bagian dari faktor.... 
a. Sosial dan budaya
b. Perekonomian
c. Demografi
d. Politik dan hukum
11.  Contoh peluang barang atau jasa yang dapat ditawarkan pemasar pada tahap keluarga sarang penuh I adalah ....
a. Lemari es dan kompor
b. Makanan bayi dan mainan anak-anak.
c. Tabungan dan pelajaran musik
d. Barang-barang mewah dan perbaikan rumah
12.  Faktor yang bukan merupakan bagian dari hirarki kebutuhan manusia yang dikemukakan oleh Maslow adalah....
a. Kebutuhan harga diri
b. Kebutuhan keselamatan
c. Kebutuhan sosial
d. Kebutuhan mencoba hal baru
13.  Tahapan apa yang akan langsung dilakukan konsumen setelah mencari informasi dalam proses pengambilan keputusan?
a. Mengevaluasi berbagai alternatif
b. Menentukan kebutuhan dan keinginan
c. Membuat keputusan beli
d. Mengevaluasi pasca beli
14.  Produk yang mempunyai daya penarik rendah tetapi dapat memberikan manfaat yang tinggi kepada konsumen dalam jangka panjang merupakan pengertian produk ....
a. Sangat diperlukan
b. Spesial
c. Shopping
d. Bermanfaat
15.  Volume penjualan yang mulai melambat pertumbuhannya, dan berada dalam kondisi stabil sebelum akhirnya menurun merupakan deskripsi produk yang berada pada tahap .... dalam daur hidup produk
a. Kedewasaan
b. Penurunan
c. Perkenalan
d. Pertumbuhan
16.  Modifikasi pasar dapat dilakukan dengan cara ....
a. Menurunkan harga untuk menarik segmen-segmen baru
b. Mengadakan periklanan yang lebih menarik atau promosi lain yang lebih agresif
c. Perbaikan kualitas produk
d. Mencari pembeli baru dan segmen pasar baru
17.  Strategi utama yang dapat ditempuh perusahaan dalam menawarkan produk yang berada pada tahap perkenalan dalam daur hidup produknya adalah dengan ....
a. Modifikasi produk
b. Mengadakan perbaikan-perbaikan terhadap produknya
c. Meningkatkan kesadaran produk dan memperluas pasar
d. Meningkatkan kualitas produk
18.  Perubahan harga akan mengakibatkan perubahan yang lebih kecil pada volume penjualan merupakan sifat permintaan ....
a. Elastis
b. Inelastis
c. Unitary elasticity
d. Inunitary elasticity
19.  Kondisi dimana beberapa penjual menguasai pasar, sehingga harga yang ditetapkan dapat lebih tinggi merupakan jenis persaingan ....
a. Oligopoli
b. Persaingan tidak sempurna
c. Monopoli
d. Monopolistik
20.  Salah satu metode penetapan harga yang bukan berorientasi pada biaya adalah metode penetapan harga....
a. Mark-up
b. Rate-of-return
c. Paritas kompetitif
d. Break-even
21.  Keuntungan bagi perusahaan menggunakan perantara adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. Mengurangi tugas produsen dalam kegiatan distribusi untuk mencapai konsumen
b. Perantara dapat membantu di bidang penyimpanan dengan menyediakan fasilitas-fasilitas penyimpanan
c. Membantu pengadministrasian persediaan lokal
d. Membantu dalam penyortiran
22.  Semua aktivitas yang secara langsung terkait dengan penjualan barang dan jasa pada konsumen akhir untuk digunakan sendiri, bukan untuk bisnis
adalah pengertian dari ....
a. Perdagangan eceran
b. Pengecer
c. Pedagang besar
d. Agen
23.  Jenis jasa yang diberikan agen pelengkap bervariasi, misal jasa pembimbingan/konsultasi, bantuan bidang finansial, dan penyediaan informasi. Contoh agen pelengkap yang membantu dalam pengambilan keputusan adalah ....
a. Bank
b. Radio
c. Surat kabar
d. Lembaga penelitian
24.  Faktor yang harus dipertimbangkan dari segi barang dalam pemilihan saluran distribusi adalah ....
a. Jumlah pembeli potensial
b. Jumlah pesanan
c. Sumber pembiayaan
d. Luasnya lini produk
25.  Faktor yang harus dipertimbangkan produsen dari segi perantara dalam pemilihan saluran distribusi adalah ....
a. Volume penjualan
b. Luasnya lini produk
c. Nilai unit
d. Jumlah pembeli potensial

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bauran pemasaran